Wednesday, February 6, 2013

Membuat Peta Digital dengan Quantum GIS


Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara pembuatan peta digital menggunakan Quantum GIS.  namun tutorial lengkapnya saya pisahkan kedalam file PDF yang bisa anda download pada URL dibawah.
Dalam artikel yang saya buat ada cara pembuatan gambar menggunakan poligon, dan point. gambar poligon biasanya digunakan untuk membuat sebuah gambar wilayah dalam peta digital. sedangkan gambar point (titik) biasa digunakan untuk untuk menggambar isi yang ada didalam gambar poligon. misalnya untuk menggambarkan sebuah objek seperti kampus, kos-kosan, tempat terjadinya suatu kejadia/kecelakaan, dll.
Yang harus diperhatikan :
1.       Dibutuhkan file gambar sebagai “kanvas” yang nantinya akan di gambar ulang menggunakan quantum GIS.
2.       Download software quantum GIS. saya sarankan Quantum GIS 0.9.1
3.       Jangan lupa untuk menyimpan data setiap selesai memasukan data kedalam gambar dengan “menutup” icon “Toogle Editing”.
4.       Selebihnya tinggal masalah pembuatan file *.map untuk menampilkan peta yang sudah jadi tadi kedalam sebuah web dengan bantuan syntax mapscript.
Mungkin anda bingung, tapi mudah-mudahan dengan membaca artikel nanti. ada tambahan ilmu untuk anda.
Artikel Lengkap :
Contoh Peta Web GIS :
Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat untuk Anda semua.


No comments:

Post a Comment