Friday, June 28, 2013

Google Adsense For Search

Google Adsense mengeluarkan update terbaru-nya untuk Adsense For Search (AFS). Kalau Anda klik tab Get Ads (Adsense Setup) maka akan ada tulisan: “Improved!” di sebelah link AFS.
Cara kerjanya mirip atau bisa dikatakan sama dengan CSE (Custom Search Engine). Kalau yang sudah pernah mendaftar dan membuat web dengan CSE, AFS yg baru ini tidak terlalu sulit untuk dibuat. Namanya juga custom, berarti Anda bisa meng-custom, atau menyesuaikan hasil dari search yang dilakukan oleh pengunjung, menurut keinginan anda sendiri. Anda bisa menentukan hasilnya diperoleh hanya dari web-web yang anda miliki saja, atau seluruh web yang ada di dunia maya.
Anda juga bisa menentukan keyword dari hasil search tersebut, ini tentunya sangat menguntungkan bagi publisher, karena dapat memasang High Paying Keywords (HPK) alias keyword yang mempunyai bayaran klik yang tinggi.
Langkah pembuatannya tidaklah terlalu sulit, cukup ikuti saja petunjuk-petunjuk yang ada. Kalau sudah mahir anda bisa melakukannya tidak lebih dari 5 menit.
Anda akan diberikan 2 macam kode, yaitu Search Box Code dan Search Result Code.Search Box Code dapat ditempatkan di halaman manapun yang Anda mau, dengan ketentuan maksimum 2 buah search box dalam 1 halaman.



Sedangkan Search Result Code harus ditempatkan di halaman khusus yang anda buat untuk hasil pencarian. Lebih mudah jika anda membuat folder khusus dalam web anda untuk menempatkan Search Result Code ini. Misal ditaruh di halaman http://www.domain-anda.com/search/
Jadi di halaman manapun Anda tempatkan Search Box-nya, maka hasilnya akan dibawa ke halaman Result tersebut.
Keuntungan dengan update terbaru ini, Anda tidak perlu lagi bersusah payah untuk mengintegrasikan Google CSE (jika memang sudah menggunakannya) dengan GA, tiap kali Anda membuat Search Box untuk web Anda.
Dengan Google AFS ini Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan jika pengunjung mencari sumber informasi melalui Search Box Anda. ;)

Suka dengan artikel ini? Klik +1 donk:

No comments:

Post a Comment