Wednesday, July 3, 2013

Tutorial Cara Menambahkan User SSH

Setelah di postingan saya sebelumnya, saya menjelaskan tentang cara mengganti atau menambahkan port dalam suatu akun SSH, kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan bagaimana cara untuk menambahkan user. Mungkin sudah banyak orang yang tahu tentang cara menambahkan user ini, apalagi bagi para pengguna Linux sudah tidak asing lagi pastinya, tapi bagi para gretongerz ? untuk itu saya ada disini :-D

Menambahkan user sangat berguna untuk membuat akun SSH kita menjadi aman, karena jika hanya menggunakan SSH sebagai tunneling  kita tidak perlu menggunakan akses root kita untuk menghindari hal – hal yang tidak di ingin seperti keylogger, spyware .dll. Selain untuk membuat akun SSH kita aman, menambahkan user untuk akun kita juga bisa berguna jika kita ingin share akun SSH milik kita kepada orang lain, sehingga kita tidak perlu memberikan akses root kita jika kita ingin share pada orang lain.
Sebelum saya jelaskan tutorialnya, pastikan dulu anda memiliki akses root di SSH milik anda, karena tanpa akses root kita tidak bisa menambahkan user baru tentunya.

Tanpa perlu panjang lebar lagi, langsung saja ikuti tutorial di bawah ini :
1. Login ke SSH anda menggunakan akses root.
2. Lalu buka terminal dan ketik perintah di bawah ini
adduser sandoval
sandoval dalam perintah diatas adalah nama user yang akan anda buat, jadi ganti kata sandoval diatas dengan nama user yang akan anda tambahkan lalu tekan enter.
3. Langkah selanjutnya adalah membuat password untuk user tersebut, ketik perintah di bawah ini
passwd sandoval
Untuk menambahkan atau mengganti password user, cukup masukan perintah diatas lalu tekan enter. Contoh perintah diatas adalah contoh jika kita ingin mengganti password username sandoval.
4. Setelah menekan enter, akan ada form isian New UNIX password, lalu isi password anda disitu, saat anda mengetikan password tersebut tidak akan terlihat apapun, tetapi sebenarnya password yang anda ketik sudah terinput, itu adalah security password pada sistem berbasis teks, seperti halnya kita mengetikan password  untuk login ke facebook, maka apa yang kita ketik akan berubah menjadi tanda bintang (*) .
5. Setelah mengisi New UNIX password diatas lalu tekan enter dan akan keluar form lainnya yaitu Retype new UNIX password, isi dengan password yang sama dengan password yang anda isi diatas, diteruskan dengan enter.
6. Jika berhasil maka akan ada tulisan seperti di bawah ini
passwd: all authentication token update succesfully.
Setelah itu coba login SSH anda menggunakan username dan password yang anda buat tadi, jika berhasil selamat anda telah membuat user di SSH anda :-D
Selamat mencoba, semoga bermanfaat :)


No comments:

Post a Comment