Wednesday, July 3, 2013

Tutorial Install Webmin di VPS Untuk Mengatur Squid Proxy dan SSH + Install Squid di CentOS 6.

Mungkin di antara teman – teman masih ada yang belum familiar dengan Webmin, Webmin adalah aplikasi web gratis untuk mengatur atau mengelola VPS, seperti halnya WHM. Banyak kekurangan dan keterbatasan dalam Webmin jika di bandingkan dengan WHM, tetapi untuk sekedar mengatur squid proxy dan juga SSH, Webmin bisa menjadi pilihan, karena lebih friendly user interface jika di bandingkan dengan menggunakan terminal atau console.

Kali ini saya akan coba memberikan dua tutorial sekaligus, karena kedua hal ini berkaitan jadi agar lebih mudah di pahami saya gabungkan saja tutorialnya.
Untuk tutorial yang pertama saya akan menjelaskan tentang cara menginstall Webmin, seperti yang telah saya jelaskan di atas, Webmin adalah aplikasi berbasis web untuk mengolala VPS, jadi anda bisa menggunakan Webmin untuk mengatur SSH ataupun squid proxy anda tanpa melalui console, tetapi hanya perlu menggunakan Webmin yang berbasis interface agar lebih mudah.
Dalam tutorial ini saya menggunakan OS dari CentOS, tepatnya CentOS 6.2 32 bit fresh install, fresh install dalam artian baru saja saya install ulang sehingga data di dalamnya masih default.
Tanpa berlama – lama lagi, ikuti langkah – langkah berikut ini :
1. Pertama login terlebih dahulu ke akun SSH root anda dan masuk ke console atau terminal, lalu jika belum melakukan update terhadap OS VPS anda, lakukan update terlebih dahulu dengan menggunakan perintah di bawah ini
yum update -y
2. Tunggu sampai proses update tersebut selesai, prosesnya akan berjalan agak lama karena ada proses downloading, unpacking dan updating jadi tunggu saja sampai benar – benar selesai.
3. Setelah itu, kita masukan perintah untuk instalasi Webmin, gunakan perintah – perintah berikut ini
echo "[Webmin]
name=Webmin Distribution Neutral
baseurl=http://download.webmin.com/download/yum
enabled=1" >/etc/yum.repos.d/webmin.repo;
rpm --import http://www.webmin.com/jcameron-key.asc
yum -y install webmin
Jika berhasil, maka akan terlihat seperti ini

4. Lanjutkan dengan membuka interface Webmin kita, masukan di browser alamat ip atau host vps anda di teruskan dengan port 10000, contoh http://198.27.124.87:10000/, lalu anda akan di bawa ke halaman login Webmin anda, masukan username dan password yang sama dengan akses root SSH anda.

5. Nah, disini lah anda bisa mengatur VPS anda, untuk mengatur fungsi dari SSH anda bisa menuju ke menu “Servers -> SSH Server”.
Cukup mudah bukan ? nah, sekarang untuk cara menginstall squid proxy di CentOS, cekidott

1. Login menggunakan akun SSH root anda dan buka console.
2. Install squid menggunakan perintah di bawah ini
yum install squid
3. Setelah itu masuk ke folder /etc/squid  menggunakan SFTP Bitvise, jika anda belum tahu caranya bisa melihat di postingan saya sebelumnya Tutorial Install Squid di Debian, lalu edit file squid.conf dan ganti file tersebut dengan config yang telah saya edit sendiri agar bisa digunakan untuk trik internet gratis, download file squid.conf disini (password : sandoval).
4. Start squid di VPS anda dengan menggunakan perintah
service squid start
5. Sekarang coba gunakan IP atau host VPS anda sebagai proxy dengan port 80 di browser anda, jika berhasil masuk ke situs tujuan berarti anda sukses menginstall squid proxy di VPS dengan OS CentOS.
Untuk pengaturan squid proxy di Webmin, anda bisa menemukannya di menu “Servers -> Squid Proxy Server”, jika menu tersebut tidak muncul, coba logout dari Webmin dan coba login kembali.
Fungsi dari pengaturan squid proxy dan SSH melalui Webmin adalah anda di berikan kemudahan seperti mengganti atau menambahkan port SSH dan squid proxy, anda juga bisa mengedit config, mengatur range IP mana saja yang bisa digunakan dll.
Selamat mencoba semoga berhasil.